membuat koreografi 3D

Koreo 3D. Sumber: pribadi
Kali ini saya akan berbagi mengenai bagaimana cara membuat koreo 3D. Jadi ceritanya gini, tempo hari ada acara kantor, kayak family gathering gitu, nah saya dipercaya sebagai seksi dokumentasi (jujur saja untuk dokumentasi saya hanya sedikit menguasai mengenai fotografi) nah jadi saya berpikir kenapa kita tidak membuat suatu hal yang baru buat kantor kita, jadi saya berinisiatif untuk membuat koreo 3D. Koreo 3D ini sebenarnya bukan lah sesuatu hal yang baru, sudah banyak sekali koreo 3D yang pernah manusia buat. Saya terinspirasi membuat koreo 3d setelah melihat di instagram ada koreo 3D buatan anak ipb yang masuk rekor dunia untuk koreo 3d tercepat dan kalo ga salah ada 50 formasi yang ditampilkan. Okelah tanpa memperpanjang mukadimah kita masuk ke inti pembahasan, check it out!

Koreo 3d yang akan kami buat mempunyai detail sebagai berikut:
1. Ada 84 orang yang terlibat dengan formasi 14 kekanan dan 6 kebelakang (14 berbanjar 6 bershaff berarti kalo ga salah ya ilmu pbb nya, hhe..)
2. Ada 6 formasi yang kami buat yaitu:1. 'PSU' 2.'100' 3.'%' 4.'DJP' 5.'BISA' 6.'bendera'
3. Kami menggunakan map yang dibuat bolak balik. Warna merah sebagai huruf atau gambar, warna putih sebagai wallpaper.
4. Skala yang saya gunakan sekitar 4:3
5. Video diambil menggunakan drone dji phantom 4 pro di amanzi waterfun palembang yang disewa sekalian pilotnya

Untuk membuat nya, langkah-langkah nya sebagai berikut:
1. Buat sketsa
Sketsa dibuat agar kita bisa tahu berapa jumlah orang yang harus berpartisipasi untuk membuat koreo 3d. Saya membuat sketsa nya menggunakan microsoft excel. Sketsa dibuat dengan memperhatikan ukuran skala map yang akan digunakan.
Sketsa koreo 3d
Sketsa koreo 3d. Sumber: pribadi
Di sketsa yang kita buat akan terlihat berapa jumlah orang yang akan terlibat untuk membuat koreo 3d. Jangan lupa dinomori setiap kotaknya. Nomor 1 saya letakkan di bagian kanan bawah dan 84 di pojok kiri atas. Seluruh peserta nantinya akan diminta menghadap ke arah nomor 1-14 artinya 1-14 berada di bagian paling depan sementara 71-84 di barisan paling belakang. Mungkin ada yang bertanya mengapa dibuat demikian? Ini bertujuan saat drone mengambil gambar dari atas tulisan nya tidak terbalik, artinya sesuai seperti ejaan bahasa indonesia, yaitu dari kiri ke kanan.

2. Buat map
Setelah sketsa jadi, maka kita harus membuat map. Map yang saya gunakan adalah map merk biola warna merah dan warna putih, masing-masing sebanyak 84 buah dan di staples bolak balik. Jangan lupa disetiap map sudah harus dikasih kode dan dinomori map nya, sehingga saat orang berbaris, orang bebas berbaris dimana, tapi kita hanya perlu menentukan nomor map saja, jadi map dibuat nomor dan urutan gaya nya, misal orang yang mendapatkan map nomor 1, dari 6 gerakan akan mendapatkan membalik map dengan warna merah menghadap ke langit pada nomor 1 dan 5, jadi dibuatkan di map nya 1.M 2._ 3._ 4._ 5.M 6._. kenapa saat map putih saya tidak buatkan P tapi dikosongkan, hal ini untuk memudahkan orang mengingat, jika dibuat MPPPMP maka akan terlihat ribet dan susah dihapal.
Membuat koreo 3D
Sketsa map. Sumber: pribadi
Map yang sudah diberi kode.sumber:pribadi

Membuat koreo 3D
Map bolak balik. Sumber: pribadi
Nah sketsa map diatas digunting sesuai nomor dan ditempel di map. Jadi saat dibagi kita bagi berdasarkan map nya, jadi orang nya bebas mau baris dimana, yang penting saat dapat map nomor berapa harus dihapal kapan map merah/putih menghadap ke langit.

3.latihan
Latihan itu sangat penting, ada pepatah mengatakan "practice make perfect" itu benar. Dan disini tantangan nya, mengumpulkan 84 orang itu tidak mudah, apalagi membuat mereka mau bekerja sama, sebab kerja sama lah kunci keberhasilan koreo 3D. Ide koreo 3d ini tercetus hari kamis 6/9 latihan 3x dan tampil 8/9 menurutku berhasil, alhamdulillah.

Okelah sekian share nya, semoga bermanfaat. Untuk melihat hasilnya bisa dilihat di ig-ku @rahmatandriansa atau di ig @kppplmseberangulu.

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman saya cek sperma

Daftar harga produk klinik kecantikan athena

5 produk berbahaya lagi-lagi bebas di pasaran hasil lab juni 2020 dr. Richard Lee, MARS