5 produk berbahaya lagi-lagi bebas di pasaran hasil lab juni 2020 dr. Richard Lee, MARS

 Sengaja saya membuat judul tulisan ini sesuai dengan judul yang ada di kanal youtube "dr. Richard Lee, MARS" yaitu "5 PRODUK BERBAHAYA LAGI-LAGI BEBAS DI PASARAN HASIL LAB JUNI 2020", karena saya akan coba sedikit menceritakan kembali dan mencoba mencari tahu kebenaran dari BPOM dan Halal dari video yang diunggah 19 Juni 2020 lalu. Untuk menghindari saya dikatain hoax, saya sudah screenshot video tersebut.

klinik athena
screenshot video

video tersebut saat tulisan ini dibuat, sudah ditonton lebih dari 2juta kali dan mendapatkan 85ribu like. Agar lebih membuat pembaca percaya, berikut adalah deskripsi video tersebut:

richard lee
produk berbahaya menurut dr. richard lee

Sesuai dengan yang tertera di gambar, kita akan menceritakan isi video tersebut. menurut dr. richard, 5 merk produk berbahaya tersebut adalah:

  • Bebwhite C
  • Babypink Sucofindo
  • Krim Turbo
  • Lavina Skincare
  • Cucok Meong
Mari kita bahas satu per satu.

1. Bebwhite C

Menurut video, seluruh produk dari bebwhite C sudah BPOM, hanya satu produk yang belum, yaitu Bebwhite C Night Cream. Selain itu juga dikatakan bahwa produk tersebut mengandung hidrokuinon sebanyak 3,6%. Dari penelusuran saya di laman cekbpom.pom.go.id dengan kata kunci "bebwhite", ternyata terdapat dua perusahaan yang mendaftarkan produk dengan kata kunci tersebut, namun dari hasil kroscek di instagram @bebwhitec_id, ternyata yang dimaksud adalah perusahaan dengan nama "CV. Cahaya Multi Mandiri", dan sudah ada "night cream" yang didaftarkan dengan nomor register NA18180106098 yang terbit pada tanggal 29 November 2018.

Saya tidak mau berspekulasi dalam hal ini, saya hanya berusaha menelusuri BPOM dan Halal dari produk yang direview dari video yang diunggah oleh dr. Richard Lee, MARS.
bebwhite c bpom
bebwhite c BPOM


 Mari kita abaikan Bebwhite C yang didaftarkan oleh PT. Citra Intan Insani, sebab bukan perusahaan tersebut yang dimaksud melainkan bebwhite c yang didaftarkan oleh CV. Cahaya Multi Mandiri.

Terdapat 8 Produk dengan merk BEBWHITE yang didaftarkan, yaitu:
  1. Body wash kemasan botol 200 ml
  2. Lightening Night Cream kemasan pot 10 g
  3. Serum Vitamin C kemasan botol 10 ml
  4. Toner kemasan botol 60 ml
  5. Night cream kemasan pot 10 g
  6. Day cream kemasan pot 10 g
  7. Facial wash kemasan botol 100 ml
  8. Body lotion kemasan tube 200 ml
Sementara itu, untuk halal LPOM MUI, dari laman halamui.org, didapatkan data produk halal yang didaftarkan di MUI, ketika dimasukkan kata kunci "bebwhite", diperoleh data bahwa terdapat 4 produk dari Bebwhite C yang didaftarkan oleh CV. Cahaya Multi Mandiri, yaitu:
  1. Day Cream Merek Bebwhite
  2. Night Cream Merek Bebwhite
  3. Facial Wash Merek Bebwhite
  4. Toner Merek Bebwhite


bebwhite c halal
bebwhite c halal

Sementara itu, akun instagram bebwhite c yang menjadi acuan saya adalah @bebwhitec.pusat, yang mana saat saya screenshot memiliki 808 postingan dengan jumlah pengikut sebanyak 33,8ribu pengikut.
bebwhite c instagram
bebwhite c instagram

2. Babypink Sucofindo

Menurut dr. richard, produk skincare kedua yang berbahaya adalah Babypink sucofindo yang kata dokter tersebut produk night cream nya mengandung merkuri sebanyak 3,1%. Mari kita telusuri!
babypink sucofindo
babypink sucofindo
Jika dilihat dari IG, sebenarnya sang dokter menemukan kata-kata sucofindo tersebut dari hastag, jadi tidak benar jika ada produk bernama babypink sucofindo, yang ada hanyalah produk babypink skincare dan bisa dikatakan follower instagram nya banyak sekali, berikut ss nya!
babypink skincare
babypink skincare ig
jika dilihat dari ss diatas, akun @babypinkskincare tersebut memiliki pengikuti sebanyak 547ribu dan banyak di review oleh artis-artis tanah air. Lantas Bagaimana dengan BPOM nya?
babypink bpom
babypink BPOM

Berdasarkan pencarian di laman Badan Pengawasan Obat dan Makanan, produk dengan merek dagang Babypink Skincare didaftarkan oleh CV. Skin Solution Beauty Care Indonesia, terdapat 7 produk yang didaftarkan di BPOM, yaitu:
  1. Soothing kemasan pot plastik 5 gram
  2. Acne night cream kemasan pot plastik 10 gram
  3. Brightening Facial Wash kemasan botol plastik 60 ml
  4. Brightening Toner kemasan botol plastik 60 ml
  5. Glowing Day Cream kemasan Pot Acrylic 10 gram
  6. Glowing Night Cream kemasan Pot Acrylic 10 gram
  7. Glowing Serum kemasan botol plastik 15 ml
Selanjutnya, Apakah produk tersebut halal?
babypink non halal
babypink non halal

 Berdasarkan pencarian dari daftar produk halal LPPOM MUI Pusat, ketika penulis memasukkan kata kunci "babypink", penulis tidak menemukan satupun kata tersebut dalam daftar yang terdiri dari 553 halaman.

3. Cream Turbo

Produk selanjutnya yang menurut dr. Richard Lee berbahaya untuk digunakan adalah cream turbo. Menurut dokter yang bergelar MARS tersebut, cream turbo mengandung merkuri 3,1%. 
ig krim turbo
cream turbo ig

Berdasarkan instagram @creamturbo.id, produk kecantikan yang satu ini cukup banyak memiliki follower, yaitu sekitar 14,3ribu follower. Lantas Apakah halal dan terdaftar di BPOM?
cream turbo

Berdasarkan pencarian dalam daftar produk halal LPPOM MUI, dengan kata kunci "krim turbo", produk tersebut tidak ditemukan, namun untuk kata kunci "turbo", terdapat banyak sekali produk tetapi tidak ada satupun krim turbo ditemukan. Begitu pula dengan BPOM, dengan kata kunci "cream turbo", produk tersebut tidak ditemukan.

4. Lavina Skincare

Produk selanjutnya yang menurut dr. Richard Lee berbahaya adalah Lavina Skincare karena mengandung hidroquinone sebanyak 3,5%. Produk yang kata dokter richard berasal dari sulawesi ini sangat banyak terjual di facebook.
lavina skincare ig
lavina skincare ig

Namun, jika kita melihat dari ig, orang yang mengikuti akun yang katanya official ini alias @lavinaskincareofficial tidak terlalu banyak, hanya 2ribuan saja. 

Untuk BPOM nya sendiri, ketika beuty blogger memasukkan kata kunci lavina, yang keluar rata-rata adalah produk dari Nagita Slavina atau produk dengan embel-embel slavina, tidak ditemukan Lavina Skincare.

Yang terakhir, halal atau tidak. Masih menggunakan daftar produk halal yang sama, ketika ane masukin kata kunci "lavina", tidak terdapat satupun kata lavina dalam daftar.


5. Cucok meong skincare

Terus terang, ketika mendengar nama produk perawatan kulit satu ini saya sedikit tergelitik, Mengapa sang empunya produk menamai produk nya dengan cucok meong. Namun jangan salah, berdasarkan penelusuran saya, produk skincare ini dimiliki oleh seorang dokter loh, dr. Ika nama nya yang jika saya tidak salah berasal dari jogja.

Dari hasil lab yang dilakukan dokter pemilik Athena skincare ini, cucok meong skincare mengandung 4,5% merkuri, "wong tinggi banget..", Begitu kata dokter richard dalam video youtube nya di menit 11:12.

Sama seperti sebelum-sebelumnya, saya ingin membuktikan sendiri Apakah benar yang dikatakan dokter asal palembang ini?
cucok meong BPOM
cucok meong BPOM

cucok meong BPOM
cucok meong BPOM

 Dari hasil pencarian di laman resmi POM, dengan keyword "cucok", ditemukan 19 produk yang didaftarkan oleh CV. Inusa Derma Kosmetik dengan merek dagang cucok meong. Produk yang didaftarkan adalah:
  1. Lightening night cream kemasan pot 10 g
  2. Platinum Glowing Sunscreen kemasan pot 10 g
  3. Acne Cream kemasan pot 10 g
  4. Platinum acne glowing facial wash kemasan botol 100 ml
  5. Platinum brightening glowing facial wash kemasan botol 100 ml
  6. Essence Brightening glowing kemasan botol 100 ml
  7. Brightening Night Cream kemasan pot 10 g
  8. Sunscreen Apple kemasan pot 10 g
  9. Essence Acne Glowing kemasan botol 100 ml
  10. Brightening Glowing Body Serum kemasan tube 100 ml
  11. Sunscreen Brightening kemasan pot 10, 12, 15, 20,dan 25 g
  12. Serum Brightening kemasan botol 10 dan 12 g
  13. Serum Glowing kemasan botol 15 ml
  14. Facial Wash Oily kemasan botol 60, 70, dan 100 ml
  15. Facial Wash Apple kemasan botol 60 ml
  16. Sunscreen Oil kemasan pot 10, 12, 15, 20,dan 25 g
  17. Facial Wash Brightening kemasan botol 60 dan 70 ml
  18. Toner Tea Tree Oil kemasan botol 100 ml
  19. Toner Normal kemasan botol 100 ml
cucok meong skincare
cucok meong halal

Sedangkan, untuk status halal, dengan kata kunci "cucok", terdapat 3 produk yang didaftarkan oleh PT. Tissan Nugraha Globalindo (bukan perusahaan yang sama dengan pendaftar status halal). Saya tidak tahu Apakah produk yang didaftarkan PT ini sama dengan produk dimaksud yang mendaftarkan status halal.

Saya rasa sekian tulisan saya kali ini mengenai 5 produk berbahaya yang dijual bebas yang saya dapatkan dari chanel youtube Dr. Richard Lee, MARS. Saya tidak mau mengambil opini disini, silahkan pembaca simpulkan sendiri tulisan yang saya buat ini. 





Comments

  1. Maaf koreksi, yang direview dr.richard itu bukan produk cucok meong yang asli itu palsu atau kwnya , harga dan kemasan juga beda kak. Mohon diperbaiki

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman saya cek sperma

Daftar harga produk klinik kecantikan athena